Perkembangan Telekomunikasi dalam Komunikasi di Indonesia

 Terima Kasih Atas Kunjungannya
Ini lah tulisan sederhana Persembahan DeviceZ



   Pada saat ini, perkembangan telekomunikasi semakin melesat dan meningkat di seluruh dunia setiap tahunnya. Telekomunikasi adalah gabungan dari dua kata yaitu “Tele” yang berarti jauh dan “Communicate” yang berarti komunikasi. Jadi, telekomunikasi dapat diartikan sebagai proses pengiriman atau penyampaian informasi menggunakan peralatan media telekomunikasi dari satu tempat ke tempat lainnya yang terpisah oleh jarak yang jauh. Banyak para peneliti yang ingin membuat penemuan baru dalam bidang telekomunikasi. Munculnya teknologi komunikasi modern pada masa sekarang ini merupakan inovasi yang membantu dan mempermudah segala kegiatan manusia dalam melakukan berbagai macam urusan dengan adanya sarana telekomunikasi yang semakin canggih. Manusia adalah makhluk sosial dimana ia membutuhkan komunikasi sebagai pembentukan konsep diri serta tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan komunikasi dengan individu lainnya. Terutama bagi remaja, mereka sangat sering menggunakan media telekomunikasi untuk membantu mereka dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan kebutuhan komunikasi dan sejumlah aktivitas terkait lainnya. Dalam metode pembelajaran pun remaja khususnya para siswa kini menggunakan fasilitas internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, mereka sering menggunakan media sosial (dunia maya) untuk menunjukan eksistensi diri mereka. Tetapi para orang tua tidak boleh lengah begitu saja mereka harus tetap mengawasi anak-anak mereka agar tidak terlalu jauh dalam menggunakan internet apalagi untuk hal-hal yang kurang baik. Kini Dengan adanya telekomunikasi dapat menghubungkan kita dengan seseorang dari suatu tempat, kota, negara bahkan benua sekalipun dengan seseorang lainnya. 

    Telekomunikasi dapat juga mengirimkan berita, data, informasi dan hiburan ketempat yang jauh sekalipun. Sejak dulu manusia telah menciptakan komunikasi yaitu pada zaman purbakala, manusia belum mampu mengenal bahasa sebagai alat komunikasi, mereka berinteraksi dengan individu lainnya dengan bahasa isyarat seperti suara-suara yang keluar dari mulut mereka, gerakan tubuh, serta simbol-simbol dan coretan pada pohon atau dinding goa. Selain itu asap merupakan salah satu komunikasi yang berperan penting pada zaman kuno. Biasanya asap digunakan oleh suku indian di amerika untuk mengirimkan pesan ke tempat yang jauh dengan mengutus seorang kurir. Dulu kurir mengantarkan pesan dengan berjalan kaki namun, seiring berjalannya waktu manusia telah mengenal transportasi. Sehingga kurir kini menyampaikan pesan dengan menggunakan kuda, unta, atau gerobak. Sampai sekarang asap masih digunakan dalam pramuka. 
            

    Perkembangan zaman yang semakin modern telah menciptakan teknologi-teknologi komunikasi baru dari masa ke masa, yaitu:
1. Surat Pertama kali muncul pada ribuan tahun yang lalu di mesir. Surat merupakan pesan tertulis yang berisi informasi, pernyataan, atau undangan dari satu pihak ke pihak lain. Namun, membutuhkan waktu yang lama sekitar 1-3 hari untuk menyampaikan surat kepada pihak yang dituju. 
2. Telegraf Pertama kali ditemukan pada tahun 1809. Sistem komunikasi ini menggunakan kode morse untuk mengirimkan pesan. Cara kerja kode morse itu sendiri dengan menggunakan nada atau suara. 
3. Telepon Penemu telepon pertama kali adalah Alexander Graham Bell. Telepon digunakan untuk komunikasi jarak jauh menggunakan gelombang suara. Sering dipakai orang-orang dalam komunikasi sehari-hari untuk menyampaikan berita atau informasi tanpa harus bertatap muka langsung. 
4. Handphone Penemu Ponsel, telepon genggam, atau lebih sering dikenal sebagai handphone adalah Dr Martin Cooper. Alat komunikasi elektronik ini dapat dibawa kemana-mana. Dapat berkomunikasi secara langsung melalui telepon dan juga mengirimkan pesan SMS. Handphone menjadi salah satu penemuan revolusioner umat manusia. Kita telah mendapat banyak manfaat dari munculnya teknologi handphone ini. Sampai sekarang teknologi ini terus mengalami perkembangan hingga sekarang ini. 
5. Internet Teknologi terkini yang membuat seseorang beromunikasi tanpa mengenal batasan waktu dan jarak. Dengan internet kita bisa mengetahui berbagai macam informasi atau berita dari berbagai dunia. Kita juga dapat melakukan komunikasi tatap muka secara tidak langsung. Dalam telekomunikasi terdapat konsep komunikasi yaitu adanya komunikator dan komunikan yang berkomunikasi melalui sebuah saluran (channel). 
Komunikator adalah orang yang menyampaikan isi pernyataan kepada komunikan. Komunikator bisa perorangan atau kelompok. Sedangkan komunikan adalah orang yang menerima berita atau pesan dari komunikator. Namun, dapat juga menjadi pengirim pesan atau informasi karena dalam komunikasi pasti adanya pergantian pengirim dan penerima selama pembicaraan. Sumber informasi menghasilkan pesan untuk dikomunikasikan dari seperangkat pesan yang dimungkinkan. Channel (saluran) adalah medium yang mengirimkan sinyal (tanda) dari transmitter ke penerima (receiver). Pesan itu dapat berupa kata-kata atau tulisan, gambaran atau perantara lain yang dapat berkomunikasi melalui berbagai channel yang berbeda. Namun, dalam komunikasi terdapat noise (gangguan) itu menyebabkan komunikasi menjadi tidak lancer dikarenakan sinyal yang memburuk, adanya gangguan dari provider atau kebisingan di lingkungan dari salah satu pihak komunikasi, dsb. Peran telekomunikasi tersebut dalam komunikasi juga bergantung pada sebuah alat yang berperan besar dalam hal ini yaitu satelit. Satelit adalah buatan manusia yang dipasang di luar planet untuk memancarkan sinyal dan menjalankan pengoperasian perangkat komunikasi di dunia, satelit memiliki orbit tersendiri untuk mengelilingi planet-planet yang berguna untuk telekomunikasi. Di Indonesia terdapat satelit buatan yaitu Palapa. Pada tahun 1334 peristiwa sumpah palapa tidaklah asing lagi bagi warga Indonesia, oleh sebab itu satelit tersebut di beri nama satelit palapa. Pada tanggal 8 Juli tahun 1976 saat waktu itulah satelit yang memiliki berat sekitar 547kg pertama kali di luncurkan oleh roket Amerika Serikat tepatnya di Samudra Hindi. Satelit ini menggunakan sebuah frekuensi gelombang mikro dan juga menggunakan orbit geosinkron atau geostasioner. 

    Selain itu adanya proyek palapa ring dimana itu dibuat untuk memudahkan komunikasi masyarakat Indonesia untuk menjangkau komunikasi yang lebih luas lagi termasuk kawasan yang sulit di jangkau. Di era perkembangan telekomunikasi yang begitu cepat, konteks telekomunikasi di Indonesia memiliki kemajuan dalam bidang telekomunikasi dan informatika. Contoh telekomunikasi dalam komunikasi di Indonesia yaitu adanya handphone yang kini di miliki oleh berbagai kalangan, baik kalangan atas maupun kalangan bawah. Karena pada jaman sekarang ini setiap kegiatan tidak lepas dari yang namanya internet. Baik dalam bidang pekerjaan atau bisnis dan pendidikan. Telekomunikasi mempunyai jaringan yang sangat luas sehingga dapat menjangkau berbagai daerah termasuk pedesaan atau daerah pelosok sekalipun. 
   
   Manusia membuat telekomunikasi menjadi sebuah kebutuhan pada masa sekarang ini. Itu juga membuat jalinan hubungan yang merata dan dinamis. Pemakaian telekomunikasi seperti media sosial merupakan bukti contoh masyarakat Indonesia menjangkau lingkungannya menggunakan telekomunikasi. Namun, itu dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti melakukan penipuan atau kejahatan yang merugikan orang lain. Seperti pencemaran nama baik bahkan adanya penculikan karena tidak berhati-hati dalam memilih teman dalam media sosial. Selain itu seringnya pemakaian telekomunikasi berupa handphone terkadang dapat mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Saking sibuknya berkomunikasi dengan orang yang jauh mereka lupa bahwa ada seseorang yang berada didekatnya saat itu. Contoh pada saat kumpul bersama teman atau bersama keluarga. Oleh karena itu pemanfaatan telekomunikasi sebaiknya digunakan sebaik mungkin sesuai kebutuhan kita. 



Terima Kasih Kembali atas Kunjungannya :) Salam Satu Device 

0 komentar :

Posting Komentar